Jangan Sampai Dapat yang Sudah Tak Segar, Ini Tips Memilih Ikan Kembung yang Masih Segar

Memenuhi asupan gizi tubuh dengan mengonsumsi ikan bagus untuk kesehatan. Hal itu karena ikan banyak mengandung protein dan omega 3. Ikan lokal Indonesia juga tidak kalah bergizinya dengan ikan impor. Salah satunya ikan kembung.

Ikan jenis ini bisadiolah dengan cara dibakar, dikukus, atau direbus untuk jadi berbagai hidangan yang lezat. Memilih ikan kembung yang masih segar sangat penting. Untuk itu, berikut tips dalam memilih ikan kembung yang masih segar:

1. Tekstur Ikan Kembung Elastis

Pilihlah, ikan kembung yang dagingnya masih padat. Karena, daging ikan kembung yang masih padat menandakan ikan kembung masih segar.

2. Pilih Ikan Kembung dengan Mata Jernih

Hindari memilih ikan kembung dengan mata yang mengeluarkan darah. Ketika teman-teman memilih ikan kembung. Pastikan, bagian pupil mata ikan berwarna hitam dan bagian kornea jernih. Bentuk mata masih cembung dan hindari mata ikan yang berdarah. Karena, menandakan ikan kembung sudah tidak segar lagi.

3. Permukaan Tubuh Ikan Kembung Berlendir Tipis

Jika teman-teman membeli ikan kembung, peganglah tubuh ikan. Pastikan masih ada lender tipis, bening, dan mengkilap. Hal itu menandakan ikan kembung masih segar dan layak dikonsumsi. Tetapi, jangan memilih ikan kembung yang lendirnya lengket, bau amis atau busuk, ya.

4. Daging Ikan Kembung Melekat pada Tulang

Pastikan tulang masih melekat kuat dengan daging. Perhatikan juga kondisi daging ikan kembung. Ketika teman-teman membelah ikan kembung dan daging masih melekat kuat pada tulangnya, berarti ikan kembung masih segar dan layak dikonsumsi.

5. Tidak Berbau Menyengat

Ikan segar terlihat baik secara bentuk dan berbau laut atau air. Ikan yang segar tak akan menimbulkan bau amis yang menyengat.

6. Kulitnya Cerah dan Mengkilap

Anda harus memperhatikan kulitnya. Apakah berkerut, kusam, dan pucat atau berwarna cerah dan mengkilap? Pilih ikan dengan tubuh yang kencang dan kulit mengkilap dengan sisik yang tak rontok.

7. Insangnya Segar

Lihat insang ikan, jika berwarna kemerahan cerah dan segar, tanda ikan tersebut segar. Jangan dibeli ikan yang sudah terlihat pucat, apalagi berlendir.

8. Dagingnya Padat Elastis

Jangan pilih ikan yang sudah lembek. Ikan yang segar dagingnya juga elastis dan padat sehingga tidak berubah bentuk ketika disentuh.

9. Matanya

Jangan memilih ikan yang matanya sudah buram. Ikan dengan mata yang masih hitam, menonjol dan terlihat jernih menandakan ikan dalam keadaan segar.

Nah, itu teman-teman tips memilih ikan kembung yang masih segar dan layak dikonsumsi. Perhatikan baik-baik kondisi ikan kembung yang dibeli ya. Karena, jika memakan ikan yang sudah tidak segar akan menyebabkan gejala keracunan makanan.

Untuk mendapatkan ikan dengan kualitas terbaik, selalu pastikan Kamu membelinya di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan aneka jenis ikan juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.